Skip to main content

contoh proposal prakerin TKJ



Selamat malam sobat Tkj dimanapun anda berasal kali ini saya akan sedikit share proposal prakerin yang saya buat sekitar 2 tahun lalu. Memang sebalum kita melaksanakan prakerin kita harus buat dulu proposalnya sebagai syarat wajib dilaksanakannya prakerin. Mungkin ini bisa sedikit membantu untuk mengetahui kerangka proposalnya yang akan sobat buat nanti …. Silahkan langsung saja dilihat lihat dan semoga bermanfaat…..




PROPOSAL
PRAKTEK KERJA INDUSTRI TH 2013-2014
KOMPETENSI KEAHLIAN
Teknik  Komputer dan Jaringan
Di Optima Servis Center
       
                                                                            




DISUSUN OLEH:





                                              NAMA            :ARI WIBISONO 

                                                  NO                  :11
 

                                                   KELAS           :XI TKJ 1
 







SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI
Alamat   :Jl. Solo – Jogja Km 15, Bendosari, Sawit, Boyolali Telp.(0271) 768920






Judul  Proposal
“TROUBLE SHOTING PC”
(Menganalisa Bunyi atau Suara beep  yang menandakan Pc terdapat suatu masalah)  
(Mampu menentukan cara yang tepat untuk memperbaiki CPU yang bermasalah dengan mengenali bunyi beep)






















PENGESAHAN DARI SEKOLAH
Proposal praktik kerja industri (Prakerin) ini telah disetujui oleh pembimbing dan ketua kompetensi keahlian Teknik  Komputer dan Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Negri 1 Sawit.
                                                                                    Boyolali, 19 Desember 2013

               Ketua                                                                                                                              Pembimbing                                                                                             Kopetensi  Keahlian



Joko Prihatin,S.Kom                                                                      Andri  Setyawan               NIP.19810111 2009 03 1 002                                                        


                                               
Mengetahui,
Kepala SMK N 1 SAWIT





BambangSetiawan .S.TP,MT
NIP.19560713 198103 1 015










KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehdirat Tuhn YME atas rahmat dan hidayahnya yang telah diberikan kepada kami hingga kami dapat menyelesaikan proposal prakerin ini dengan baik.
Dalam rangka memenuhi kompetensi siswa di sekolah menengah kejuruan, maka sesuai dengan program Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sawit yaitu penerapan pembelajaran sistem ganda yang dilaksanakan di dunia industri, maka sebelum pelaksanaan di dunia industri siswa diwajibkan memut proposal .
Dan proposl ini dibuat dengan maksut untuk melatih siswa dalam pembuatan proposal dan sebagai syarat untuk mengikuti prakerin serta sebagai pedoman dalam pelaksanaan prakerin di dunia industri
Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan pembuatan proposal ini. Sehingga proposal ini dapat berguna. Dan kami menyadari bahwa kami selaku manusia biasa kami masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat kmi harapkan.
                                                                        Boyolali, 19 Desember 2013
                                                                        Penyusun















DAFTAR ISI 
Halaman judul...................................................................................................        2                     Halaman pengesahan..................................................................................................         3                Kata pengantar............................................................................................................         4                Daftar isi.....................................................................................................................         5               Daftar lampiran                                                                                                                                     BAB I  PENDAHULUAN                                                                                                                  A.Latar belakang........................................................................................................          6                  B. Tujuan....................................................................................................................          7                 BAB II RENCANA PELAKSANAAN                                                                             A.Sasaran...................................................................................................................           8        B.Target.....................................................................................................................           8           C.Waktu pelaksanaan.................................................................................................          8               BAB III PENUTUP...................................................................................................           9     


















BAB I PENDAHULUAN
            Pemerintahan Indonesia mulai menggalakkan keberadaan SMK Tahun 2004, dan mentargetkan 70% untuk  SMK  serta 30% untuk  SMA,  kegiatan   tersebut  dimaksutkan supaya  lulusan  sekolah  menengah  mendapatkan  ketrampilan  lebih.  Sehingga  mereka mempunyai  kreatifitas  serta  mampu   menghasilkan   SDM  yang   berIMTAQ  dan  ber-IPTEK  serta berketrampilan .    
            Sasaran   tamatan  dari SMK  adalah  untuk  meraih daya  saing  dan  kinerja dunia usaha dalam  industri, tenunya  lulusan  yang  brerkompeten  akan  langsung  disaring oleh perusahaan , adapula kelebihan  dari  lulusan  SMK  bagi  mereka juga bisa  langsung  terjun  dalam  dunia usaha   dalam  industri ,  tentunya lulusan yang berkompeten akan langsung di saring oleh perusahaan, adapula kelebihan dari lulusan SMK bagi mereka bisa langsung terjun dalam dunia usaha atau melanjutkan ke study yang lebih tinggi  (Universitas).
            Apalagi bila di kaitkan dngan fungsi dan peran SMK  sebagai lembaga formal yang mengantarkan peserta didik agar berkembang sesuai dengan potensinya yakni, “Learning to know, learning to do, learning to be and learning to life together”, dimana media sekolah dapat berfungsi sebagai sarana publikai guru dan siswa.
A.    Latar Belakang    
Dalam rangka mndekatkan kesesuaian antar mutu dan tamatan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang keahlin yang diutuhkan oleh lapangan kerja. Salah satu pihak yang ikut serta dalam menghasilkan tamatan dan mutu pendidikan ysng berkualitas dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (dunia usaha / dunia industri).
Pelajaran praktek yang didapatkan  dari sekolh msih belum da artinya jika para siswa tidak dibekli / diberikan praktek kerja lapangan seperti yang terjadi  langsung di dunia usaha  / dunia industri. Kegiatan belajar seperti ini masih belum cukup untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang profesional dalam bidangnya, sehingga antara demand dan supply lapangan kerja akan terjadi keidak seimbngan. Oleh karena itu

perlu adanya suatu kegiatan belajar dalam bentuk lain, sebagai penunjang  kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berbentuk praktek kerja industri.
Praktek kerja industri (prakerin) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk mengethui dan mempraktekkan secara langsung bagai mana proses  produksi yang sedang berlangsung di sebuah industri, dan juga sebagaitahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelh keluar dari sekolah.  Dengan begitu, siswa dihrapkan dapat meningkatkan kegiatan belajarnya di sekolah dengan berpijak bahwa kalau mereka nantinya bekerja didunia usaha  / dunia industri sudah betul – betul siap dan matang, sebab para siswa  lebih dahulu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang situasi dan kondisi pada saat melaksanakan prktek kerja industri
B.     TUJUAN
           Setelh melaksanakan praktek kerja industri ini diharapkan kepda siswa agar
a.       Memperoleh pengethuan dan pengalaman kerja dari dunia usaha  / dunia industri tentang proses produksi yang berlangsung di dunia usaha / dunia industri secara langsung yang tidak didapatkan dari sekolah.
b.      Memperoleh pengalaman belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus pembuktian secara langsung dari teori – teori dan praktek – praktek yang didapatkan dari bangku sekolah.
c.       Mempersiapkan diri bagaimana menjadi tenaga kerja yang handal dan profesional.
d.      Melihat dan sekaligus mempraktekkan, bagaimana proses produksi  itu berlangsung mulai dari persiapan bahan baku sampai barang jadi .
e.       Menjadikan dunia usaha / dunia industri yang bersangkutan sebagai wahana untuk berdaptasi guna menyongsong masa depan sebagai tenaga kerja yang baik dan bermutu .      








BAB II RENCANA PELKSANAN
A. Sasaran
            Sasarn yang dituju dalam pelaksanaan prakerin tahun pembelajaran 2013 / 2014 dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) antara lain adalah:
1.      TROUBLE SHOTING PC
B. Target
Khusus
a.      Mampu melakukan analisa Bunyi atau Suara beep  yang menandakan Pc terdapat suatu masalah
b.      Mampu menentukan cara yang tepat untuk memperbaiki CPU yang bermasalah
Dengan mengacu pada target yang pertama maka berikut beberapa bunyi atau suara yang sering terdengar bila CPU mengalami sutu masalah:

Bunyi Beep Pada Award-BIOS

  • Beep 1x panjang terus menerus
  • Beep 1x panjang, 1x pendek
  • Beep 1x panjang, 2x pendek
  • Beep 1x panjang, 9x pendek
  • Beep pendek Tak terputus     
C. Waktu pelaksanaan
            Sesuai dengan program sekolah, pelaksanaan prakerin dilaksanakan mulai bulan Desember 2013 s.d Maret 2014






BAB III PENUTUP
Demikian proposal “Praktek Kerja Industri Th 2013-2014 Kompetensi Keahlian Teknik  Komputer Dan Jaringan Di Optima Servis Center” ini kami buat, kami menyadari bahwa kami selaku manusia biasa kami masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.
Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan pembuatan proposal ini. Sehingga proposal ini dapat berguna.
 

Comments

Popular posts from this blog

PERHATIKANLAH!

Saat berbicara tentang otak, maka telah banyak hal yang diketahui. Namun masih lebih banyak lagi yang belum diketahui tentangnya. Sungguh menarik saat mengetahui sebuah penelitian yang luar biasa tentang otak dan bagaimana kita merubah otak dan pada akhirnya merubah diri kita. Dalam Journal of Neuroscience, terdapat sebuah penelitian tentang bagaimana otak berubah. Memang benar bahwa telah banyak ilmuwan yang meneliti tentang kemampuan otak untuk berubah, yang biasa disebut neuroplastisitas. Namun, yang begitu menarik perhatian saya adalah kemampuan mem-fokus-kan perhatian ternyata mampu membuat perubahan dan hasil yang cepat pada otak. Ada beberapa monyet yang dibagi menjadi dua kelompok. Pada monyet-monyet tersebut dipasangi alat pada jemari mereka. Sebuah alat yang berfungsi untuk mengetuk jemari monyet tersebut sebanyak seratus menit per hari selama enam minggu. Saat jari-jari mereka juga bergerak, monyet-monyet ini juga mendengarkan suara melalui headphone. Kedua kelompok monye